RADARBANDUNG.id- Menyusun strategi pemasaran produk menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam meningkatkan penjualan. Karena itu, strategi pemasaran produk harus disusun secara tepat agar penjualan meningkat dan bisnis yang dijalankan dapat berkembang dan menghasilkan keuntungan.
Bagaimana strategi pemasaran produk untuk meningkatkan penjualan? Salah satunya adalah dengan strategi pemasaran digital.
Pemasaran digital atau lebih dikenal dengan sebutan digital marketing merupakan salah satu jenis pemasaran yang mempromosikan, menjual produk, dan layanan yang memanfaatkan media digital seperti, media sosial, google, email dan SMS marketing.
Penyebaran internet di tengah masyarakat saat ini sudah sangat luas. Karenanya, melalui digital marketing diharapkan dapat menarik konsumen secara cepat dan tepat.
Adapun digital marketing ini memiliki beberapa kelebihan, yakni antara lain:
– Kecepatan dalam penyebaran: pemasaran suatu produk dapat dilakukan hanya dalam hitungan detik, realtime dan tepat sasaran.
– Jangkauan lebih luas: jangkauan geografisnya yang sangat luas sehingga dapat memasarkan produk ke seluruh dunia secara mudah dengan menggunakan internet.
– Spesifik dan tertarget: dapat menjangkau target konsumen yang spesifik baik berdasarkan usia, gender, lokasi, ataupun berdasarkan perilaku konsumen lainnya.
– Kemudahan evaluasi: adanya penggunaan internet yang memudahkan untuk mengetahui hasil dari pemasaran. Seperti berapa banyak produk dilihat, berapa banyak orang yang melihat, dan berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan yang dipasarkan. Dengan begitu, kita dapat mengevaluasi iklan mana yang baik dan buruk.
– Membangun nama produk: dapat membantu membangun nama produk dengan baik. Dan keberadaan internet menjadi sangat penting untuk produk yang dipasarkan, karena memudahkan konsumen untuk melakukan pencarian online terkait produk yang dipasarkan.
– Murah dan efektif: biaya yang dibutuhkan untuk melakukan digital marketing cenderung lebih murah daripada pemasaran konvensional. Karena dengan digital marketing pembiayaan dapat menyesuaikan target konsumen dari iklan yang diinginkan.
Strategi digital marketing itu sendiri bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:
1. Menentukan identitas bisnis: dapat dilakukan dengan cara membuat website ataupun akun media sosial seperti, instagram, facebook, tiktok dan lain-lain.
2. Melakukan strategi digital marketing, dengan melakukan optimasi SEO (Search Engine Optimization) untuk mengoptimasi sebuah situs agar memperoleh peringkat teratas pada hasil pencarian. Selain itu, optimasi akun media sosial dengan melakukan peningkatan interaksi dengan pengguna sosial media, dapat dilakukan dengan cara pembuatan konten yang menarik.
3. Menjangkau lebih banyak target dengan pengiriman pesan: baik melalui SMS, whatsapp dan lain-lain. Konsumen akan mudah mengetahui layanan atau promosi.
Pesan yang dikirimkan harus membuat konsumen merasa tertarik dan mendatangi lokasi bisnis tersebut. Salah satu caranya dapat dilakukan dengan menggunakan layanan SMS LBA (Location Based Advertising).
4. Pemasaran Email: email masih mampu meningkatkan pemasaran karena dapat dipastikan semua pengguna smartphone memiliki akun email masing-masing.
Cobalah strategi digital marketing tersebut untuk mengembangkan bisnis Anda, karena mampu meningkatkan penjualan produk dan menghasilkan keuntungan dengan cara yang mudah, murah, dan efektif. (Milda Narulita Gunawan)