Berikut ini ulasan seputar layanan aplikasi PLN Mobile yang juga bisa digunakan warga atau pelanggan di Bandung beserta nomor call center PLN 123
RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Perusahaan Listrik Negara (PT PLN) Persero memudahkan masyarakat atau pelanggan untuk mendapat layanan online, yakni melalui aplikasi PLN Mobile.
Dilansir dari laman resmi layanan pln.co.id, aplikasi layanan online ini bisa dinikmati pelanggan PLN, diantaranya untuk pengajuan pasang baru listrik, membeli token hingga membayar tagihan listrik.
Ada juga layanan ubah daya untuk tambah daya biar listrik gak jeglek dan layanan notifikasi padam dan pemeliharaan. (Notifikasi saat ini bisa diakses di pulau Jawa, Madura, dan Bali).
Layanan Listrik Melalui PLN Mobile
Untuk mendapatkan layanan aplikasi PLN Mobile PLN bisa mengunduh di Google Play Store (Android) atau App Store (iOS).
Berikut Cara Download Aplikasi PLN Mobile
- Buka aplikasi PLN Mobile di Google Play Store atau App Store
- Instal aplikasi
- Lalu klik opsi Daftar Sekarang
- Masukkan nama lengkap, email dan nomor ponsel aktif
- Di kolom selanjutnya masukkan password akun PLN Mobile
- Masukkan ulang password untuk konfirmasi dan klik Daftar
- Masukkan lokasi tempat tinggal dan IDPEL (ID Pelanggan) atau 11-12 digit nomor pada perangkat meteran listrik.
Sekarang aplikasi PLN Mobile sudah bisa Anda gunakan untuk mendapatkan layanan online PLN seperti diantaranya untuk:
Pengajuan Pasang Baru Listrik via PLN Mobile
Untuk pengajuan pasang baru, berikut caranya:
- Login ke akun PLN Mobile yang sudah kamu buat
- Klik opsi Penyambungan Baru di halaman awal aplikasi
- Klik mulai
- Kemudian isi informasi yang dibutuhkan dalam pengajuan pasang baru listrik PLN, mulai dari data pelanggan hingga lokasi.
Selanjutnya, cek status permohonan dengan cara sebagai berikut:
- Akses menu profil dengan mengklik ikon foto profil
- Pilih opsi Daftar Riwayat
- Lalu pilih opsi Permohonan
- Sekarang kamu tinggal menunggu petugas PLN ke lokasi yang sudah kamu berikan
Beli Token dan Cek Tagihan Listrik
Bagi pelanggan PLN prabayar bisa membeli token secara online langsung via PLN Mobile dan untuk pelanggan pascabayar juga bisa langsung membayar tagihan.
Untuk pembelian token listrik di aplikasi bisa dengan besaran mulai Rp5.000 hingga Rp1.000.000. Cara bayarnya juga gak bikin repot karena bisa memilih berbagai akses seperti virtual account, debit online, kredit via Doku, E-Wallet : LinkAja, OVO, GOPAY.
Berikut cara membeli token di aplikasi PLN Mobile:
- Pilih fitur Token dan Pembayaran
- Masukkan no. ID pelanggan
- Kemudian akan tampil daftar tagihan, dan pilih Beli Token
- Pilih nominal token dan pilih Lanjutkan Pembayaran
- Kemudian akan muncul halaman pembayaran
- Pilih metode pembayaran
- Lalu pilih Bayar
- Kemudian akan tampil batas waktu pembayaran
- Selesaikan pembayaran
- Setelah itu pilih Lihat “transkasi saya” yang akan terhubung ke halaman riwayat transaksi dan akan muncul notifikasi
Bagi pelanggan pascabayar bisa melakukan cek tagihan listrik di aplikasi PLN Mobile. Aplikasi juga akan mengirimkan notifikasi bagi pelanggan untuk mengingatkan pembayaran tagihan sebelum jatuh tempo.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN via aplikasi:
- Login dengan akun PLN
- Buka menu Informasi di dashboard
- Klik menu Informasi Tagihan dan Token Listrik
- Tagihan listrik, jumlah serta riwayat akan tampil
Pengaduan Gangguan PLN
Aplikasi ini juga bisa untuk lakukan pengaduan gangguan atau keluhan. Berikut cara pengaduan via aplikasi PLN Mobile:
- Buka aplikasi PLN Mobile dan pilih opsi Pengaduan di beranda aplikasi
- Masukkan ID pelanggan (jika tidak mengetahuinya tunjukkan lokasi lewat map yang tersedia dan tentukan lokasi)
- Kemudian pilih “Konfirmasi”
- Dan pilih lanjutkan
- Foto kendala dan deskripsi laporan juga bisa dilampirkan, kemudian pilih Kirim Pengaduan.
- Selanjutnya pelanggan akan menerima nomor laporan
- Pilih “Ok” agar laporan diteruskan ke pihak terkait
- Laporan akan masuk ke halaman Riwayat Pengaduan yang bisa dilacak status penanganannya secara real time hingga aduan teratasi.
Call Center PLN
Lebih lanjut, selain via aplikasi, PLN juga menyediakan saluran komunikasi call center yang bisa dihubungi untuk menginformasikan gangguan listrik, pemadaman, keluhan hingga informasi pendaftaran pasang baru.
Call center PLN tersedia di nomor layanan PLN 123 yang bisa dihubungi 24 jam, atau via media sosial dan virtual assistant
Call Center PLN 123
Cara Menghubungi Call Center 123:
Menghubungi PLN di nomor layanan 123 bisa melalui saluran telepon di nomor 123 dan handphone dengan menambahkan kode area tempat tinggal. Sebagai contoh, jika tinggal di Bandung gunakan nomor (022) 123.
Baca Juga: Tips Aman dari PLN untuk Hindari Bahaya Listrik saat Banjir
Call Center PLN via Media sosial
- Twitter: @pln_123
- Facebook: PLN 123
- Instagram @PLN_id
- Email: pln123@pln.co.id
Call Center PLN via Virtual Assistant
Layanan kontak PLN juga tersedia dalam bentuk virtual assistant di laman Virtual Assistant PLN 123. Setelah itu, pelanggan bisa mengisi data diri berupa nama, nomor handphone, email, ID pelanggan, pesan yang ingin disampaikan dan kode verifikasi.
Itulah ulasan seputar layanan aplikasi PLN Mobile dan call center PLN yang juga bisa digunakan warga atau pelanggan di Bandung. Semoga artikel ini bermanfaat. (ysf)