RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Bank Mandiri berkeinginan terus memperluas akses masyarakat kepada layanan perbankan agar industri keuangan menjadi semakin inklusif.
Untuk itu, Bank Mandiri terus menyasar nasabah yang bisa berperan sebagai Agen Bank (Mandiri Agen), terutama di wilayah yang belum terakses kantor cabang.
Sebagai kepanjangan tangan perseroan, Mandiri Agen akan memberikan layanan perbankan yang lazim diberikan kantor cabang, mulai dari pembukaan rekening, tarik dan setor tunai, pembayaran BPJS.
Kemudan untuk pembayaran PLN, pembayaran multipayment (MTF, MUF, dll), top up e-wallet, kebutuhan pembiayaan, hingga mengeksekusi program literasi keuangan dan program bantuan sosial yang diselenggarakan oleh pemerintah.
Hingga Januari 2022, Bank Mandiri telah merekrut 96.482 nasabah untuk menjadi Mandiri Agen yang tersebar di berbagai wilayah tanah air.
Khusus di wilayah Bandung, perseroan telah memiliki 14.363 Mandiri Agen, meningkat dibandingkan 11.502 Mandiri Agen pada akhir Desember 2020.
Menurut M. Wisnu Trihanggodo, Regional CEO Bank Mandiri Wilayah Jawa Barat, kinerja Mandiri Agen di wilayah Bandung sangat baik. Hingga 31 Januari 2022 tercatat lebih dari 276 ribu pembukaan rekening baru melalui referral Mandiri Agen dengan total dana pihak ketiga yang berhasil dihimpun sekitar Rp 1,4 triliun dengan jumlah transaksi mencapai 14 ribu transaksi dan volume transaksi sebesar Rp1,1 triliun.
Dari kegiatan keagenan ini, tercatat Bank Mandiri wilayah Jawa Barat sudah mengantongi fee based income (FBI) sebesar Rp 214 miliar.
Baca Juga: Perluas Layanan Keuangan dan Kurir, Pos Indonesia Jalin Kerja Sama dengan Bank Mandiri
“Keberadaan Mandiri Agen sejauh ini telah berkontribusi besar pada upaya perseroan dalam mendorong perekonomian melalui UMKM dan inklusi keuangan kepada masyarakat yang masih unbanked. Kami berharap dapat terus meningkatkan jumlah Mandiri Agen dan memperluas penyebarannya ke pelosok-pelosok sehingga semua bisa memiliki akses layanan keuangan,” papar M. Wisnu Trihanggodo
Sebagai salah satu apresiasi pencapaian kinerja kepada Mandiri Agen, Bank Mandiri wilayah Jawa Barat menggelar seremoni pemberian hadiah program Agen Jempolan berupa 1 unit sepeda motor dan puluhan logam mulia yang dimenangkan oleh Mandiri Agen dari Bandung, Karawang, Cirebon, Tasikmalaya, dan Sukabumi.
Acara dilaksanakan pada 9 Maret 2022 dan bertempat di Mandiri University Bandung dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang telah ditentukan.
Baca Juga: Bank Mandiri Dukung Pemerintah Dorong Keran Investasi Lewat MIF 2022
Ditambahkan M. Wisnu Trihanggodo, pemberian penghargaan ini juga menjadi inisiatif untuk memotivasi para Mandiri Agen untuk dapat memberikan layanan keuangan terbaik kepada masyarakat sehingga bisa meningkatkan literasi keuangan masyarakat.
“Ke depan, Bank Mandiri melalui Mandiri Agen juga berinisiatif meningkatkan pemanfaatan kanal layanan digital untuk dorong inklusi keuangan di Indonesia melalui SuperApp Livin by Mandiri dengan memberikan pengalaman yang menyeluruh, mengintegrasikan berbagai layanan yang sudah dikembangkan, dan pada akhirnya mendorong terciptanya open ekosistem,” pungkasnya.
(*)