Silaturahmi ke Radar Bandung, Kanwil DJP Jabar 1 Siap Bermetamorfosis


RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Tim Humas Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jabar 1 melakukan kunjungan ke kantor Harian Pagi Radar Bandung, Selasa (25/2).
Kepala Seksi Kerjasama dan Humas Kanwil DJP Jabar I, Sintayawati Wisnigraha memimpin langsung kunjungan ini.
Sintayawati mengatakan, kunjungan ke Radar Bandung guna mempererat silaturahmi dengan media Radar Bandung.
“Selain itu untuk sosialisasi program-program perpajakan, terutama pada Februari-Maret karena memasuki tahapan pelaporan SPT tahunan bagi para Wajib Pajak (WP),” ujar Sintayawati bersama Pelaksana Seksi Kerjasama dan Humas DJP Jabar I, Herry Prapto dan Wawan Setiawan.
2020 tahun dinamis
Menurut Sintayawati, 2020 menjadi tahun dinamis bagi Kanwil DJP Jabar I. “Soalnya, akan ada reorganisasi dengan membentuk KPP Madya Bandung 2,” katanya.
“Ditjen Pajak juga akan terus melanjutkan reformasi pada lima area yang meliputi organisasi internal. Salah satunya pembentukan KPP Madya, sumber daya manusia, data, proses bisnis dan regulasi terkait perpajakan,” jelasnya.
Strategi pertama, terangnya berupaya meningkatkan kepatuhan sukarela Wajib Pajak.
Upaya ini antara lain melalui edukasi, memperbaiki kehumasan dan pelayanan dan sebagainya.
Upaya lain, akan melakukan transformasi pelayanan pajak berbasis digital melalui Click, Call, and Counter (3C), sehingga semua proses transaksi pajak akan memiliki standar.
Ditjen Pajak, ungkapnya, sedang mengembangkan sistem yang lebih banyak mengarahkan wajib pajak untuk mendapatkan service dari website pajak (www.pajak.go.id).
“Wajib Pajak yang membutuhkan informasi tinggal klik website pajak. Apabila wajib pajak kemudian belum puas juga bisa menghubungi call center kami dan yang terakhir baru ke kantor. Artinya kami mengubah pola,” imbuhnya.
Jajaran manajemen Radar Bandung menerima kedatangan Tim Humas Kanwil DJP Jabar I ini.
Baca Juga: Mulai 1 September, Ditjen Pajak Sediakan Aplikasi Antrean Online
Manager Bisnis Radar Bandung Yadi Mulyadi mengatakan, masyarakat masih membutuhkan informasi-informasi terkait perpajakan.
Nah, untuk memenuhi kebutuhan itu, perlu ada sinergitas antara instansi pajak dengan media.
Baca Juga: Perpanjangan Fasilitas Pajak Guna Penanganan Pandemi Covid-19
Sehingga program-program pajak dapat tersosialisasikan secara efektif kepada masyarakat, baik melalui media cetak maupun online.
“Kami sangat terbuka untuk senantiasa bekerja sama dengan Kanwil DJP Jabar I dalam upaya mensosialisasikan program-program perpajakan kepada masyarakat,” tandas Yadi.
(nto)