RADARBANDUNG.ID, KOTA BANDUNG – Wakil Wali Kota Bandung, Erwin melakukan kunjungan kerja sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berbagai bagian lingkungan Balai Kota Bandung Senin, (24/2/2025), meninjau secara langsung aktivitas operasional serta evaluasi fasilitas yang tersedia untuk mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik kawasan perkantoran Balai Kota Bandung.
Wakil Wali Kota didampingi Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, para asisten daerah, serta perwakilan dari berbagai instansi terkait. Mereka bersama evaluasi fasilitas kondisi tempat kerja serta mendengarkan masukan para pegawai.
Erwin memberikan apresiasi dedikasi dan semangat kerja para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di lingkungan Balai Kota Bandung. Erwin menekankan pentingnya bekerja dengan keikhlasan dan menjadikan tugas sebagai bagian dari ibadah.
“Setelah berkeliling melihat langsung OPD, menyaksikan semangat kerja yang sangat tinggi. Saya ingin mengingatkan bekerja di pemerintahan bentuk ibadah, sebuah alat untuk memperoleh keberkahan. Semua ASN di sini harus bekerja dengan mengutamakan kepentingan masyarakat,” ujar Erwin, Senin (24/2/2025).
Erwin menyoroti pentingnya kolaborasi antarinstansi meningkatkan kualitas pelayanan publik, baik dari aspek sumber daya manusia maupun fasilitas penunjang. Erwin menegaskan kenyamanan masyarakat yang datang ke kantor pemerintahan harus menjadi prioritas utama.
Baca juga: Pemkot Bandung KPK Perkuat Sinergi Pencegahan Korupsi
“Pelayanan publik diharapkan dapat lebih optimal. SDM harus semakin baik, dan fasilitas pendukung seperti ruangan pelayanan harus nyaman. Hal kecil seperti kondisi toilet harus diperhatikan agar masyarakat yang datang merasa lebih nyaman,” ungkapnya.
Erwin dalam kunjungannya menemukan beberapa ruangan yang masih memerlukan perbaikan untuk meningkatkan kenyamanan kerja para pegawai. Erwin menekankan kondisi lingkungan kerja yang baik akan berdampak langsung pada produktivitas serta efektivitas pelayanan publik.
“Ada beberapa ruangan yang terasa pengap dan panas. Jika memungkinkan, ruangan-ruangan tersebut perlu segera diperbaiki agar pegawai dapat bekerja dengan lebih nyaman, sehingga pelayanan kepada masyarakat juga semakin maksimal,” jelasnya.
Baca juga: Akses Simonik Informasi Publik Pelopor Keterbukaan Informasi
Menurutnya pentingnya integrasi layanan agar pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih efisien dan cepat.
“Saya ingin semua layanan dapat terintegrasi dengan baik, tidak terpisah-pisah, sehingga koordinasi menjadi lebih cepat. Jika masih ada lahan yang bisa dimanfaatkan, lebih baik digunakan untuk meningkatkan efektivitas pelayanan,” ujarnya.
Erwin berharap kunjungan dapat menjadi langkah awal meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kota Bandung. Dengan lingkungan kerja yang lebih baik dan sistem pelayanan yang lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat, pelayanan kepada warga dapat berjalan lebih optimal dan efisien.(dsn)