RADARBANDUNG.id- Dalam sebuah studi, 79% perusahaan melaporkan bahwa corporate gifts berhasil meningkatkan koneksi pelanggan dengan merek mereka.
Ya, di tengah persaingan bisnis yang ketat, memberikan souvenir memang dapat memperkuat identitas merek serta hubungan dengan stakeholder.
Jika perusahaan Anda juga tertarik melakukannya, artikel ini akan memberi rekomendasi souvenir corporate gifts yang efektif untuk kebutuhan branding.
Ide Souvenir Corporate Gifts yang Berkesan untuk Kebutuhan Branding
Memberikan corporate gifts bukan hanya tentang barangnya, tetapi mewakili nilai perusahaan agar branding makin kuat. Berikut beberapa ide yang bisa dipertimbangkan:
1. Backpack
Sebagai souvenir promosi perusahaan, backpack menawarkan visibilitas merek yang luar biasa.
Banyak aspek yang membuat backpack selalu disukai, sehingga penerima pasti menggunakannya.
Bagi perusahaan, backpack dapat memberikan ROI yang signifikan dalam strategi branding. Pilihlah konveksi tas custom yang tepat untuk menanganinya.
2. Tumbler Stainless Steel
Nilai tambah tumbler sebagai souvenir yakni pada fungsinya, di mana itu menciptakan touch point secara konsisten.
Ketahanan produk ini bahkan mencapai 5-10 tahun dengan perawatan yang tepat. Jadi, ini akan jadi media branding jangka panjang yang efektif.
Apalagi, mengutip ASI, sembilan dari 10 konsumen ternyata memiliki peralatan minum berlogo perusahaan. Artinya, souvenir promosi ini terbukti sangat lazim.
3. Desktop Set
Karyawan kantor rata-rata menghabiskan hingga 90% waktu kerja mereka di meja kerja.
Pada kasus ini, desktop set akan berguna untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih menyenangkan sekaligus meningkatkan produktivitas.
Dari segi branding pun desktop set memberikan paparan merek yang berkelanjutan saat hari-hari kerja.
4. Mug
Mengapa memberikan mug?
Alasan pertama, banyak orang menyimpan mug promosi sebagai kenang-kenangan.
Jika itu sudah jadi mug favorit, sebagian besar orang bahkan bisa terikat secara emosional dan menggunakan mug tersebut setiap hari.
Kedua, mug dapat menyampaikan pesan merek secara efektif melalui desain visualnya.
Hal ini menjadikan mug sebagai media branding dengan tingkat retensi yang tinggi.
5. Tote Bag
Beberapa tahun belakangan ini, toko-toko retail mulai mendorong konsumen untuk beralih dari kantong plastik ke tote bag.
Wajar saja, satu tote bag katun setara dengan jumlah energi untuk memproduksi 400 kantong plastik.
Maka dari itu, tote bag cocok dijadikan corporate gifts bagi perusahaan yang menjunjung tinggi kepedulian terhadap lingkungan.
Di sisi lain, tote bag sendiri bukan sekadar tas belanja, melainkan bisa menjadi tas yang serba guna.
6. Duffel Bag
Jika perusahaan Anda sering mengadakan perjalanan bisnis, coba berikan corporate gifts berupa duffel bag alias tas travel.
Sebagai souvenir promosi, duffel bag menawarkan potensi eksposur yang luas.
Sementara itu, keuntungan bagi si penerima yaitu mereka memiliki tas untuk bepergian yang bisa diandalkan setidaknya selama 4-5 tahun ke depan.
7. Wireless Headphone
Transformasi digital dan peningkatan aktivitas work from home telah mengubah headphone dari aksesori menjadi kebutuhan penting.
Perceived value yang tinggi akhirnya meningkatkan prestise brand pemberi. Jadi, tidak ada salahnya mempertimbangkan wireless headphone sebagai hadiah.
8. Mobile Power Bank
Memberikan power bank menunjukkan perhatian perusahaan terhadap kebutuhan sehari-hari klien, konsumen, atau karyawannya.
Beberapa kelebihan yang patut dipertimbangkan antara lain:
- Meningkatkan visibilitas merek melalui penggunaan publik.
- Menciptakan asosiasi positif dengan merek
- Memungkinkan personalisasi.
Semua faktor di atas menjadikan mobile power bank sebagai alat branding yang cerdas.
9. Notebook & Pen Box Set
Meskipun teknologi digital makin dominan dalam keseharian, buku catatan tetap memiliki peran penting karena kepraktisannya.
Buku catatan dan pulpen tidak memerlukan daya baterai, sehingga dapat digunakan kapan saja saja.
Kalaupun tidak digunakan, gift set tetap bernilai karena dibungkus dengan box yang menarik, cocok jadi pajangan di meja kerja atau ruangan.
10. Kaos Polo
Selanjutnya, kaos polo, model pakaian serbaguna yang dapat digunakan dalam berbagai kesempatan, baik formal maupun informal.
Dengan logo perusahaan tersemat, kaos ini dapat meningkatkan visibilitas merek sekaligus menunjukkan kebanggaan akan afiliasi dengan perusahaan.
11. Miniatur Maskot Perusahaan
Terakhir, miniatur maskot perusahaan adalah cara unik untuk memperkenalkan dan memperkuat identitas merek.
Barang ini akan menjadi kenang-kenangan yang berharga dan meningkatkan brand recognition ke depan.
Manfaat Memberikan Corporate Gifts bagi Perusahaan
Dari pembahasan barusan, Anda telah melihat bahwa souvenir corporate gifts dapat menjadi instrumen strategis dalam strategi branding.
Ini juga merupakan salah satu cara membina hubungan yang kuat dengan stakeholder secara berkelanjutan.
Namun, yang tidak kalah penting, barangnya harus mencerminkan nilai dan identitas merek, sambil tetap memberikan manfaat nyata bagi penerimanya.
Dengan demikian, corporate gifts dapat menjadi katalis efektif dalam mendorong pertumbuhan bisnis Anda. ***