Libur Panjang, Bandung Barat Masih jadi Primadona Wisatawan

Libur Lebaran, Wahoo Waterworld Dikunjungi Ribuan Wisatawan
Para pengunjung saat menikmati sejumlah wahana yang tersedia di Wahoo Waterworld, Minggu (13/4/2024). Hendra Hidayat/ Radar Bandung

RADARBANDUNG.id- Ribuan wisatawan pada libur akhir pekan yang bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW tercatat masuk ke Kabupaten Bandung Barat.

Data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud), KBB menyebut, selama libur panjang dari tanggal 14-16 September 2024, kunjungan wisatawan mencapai 67.120 orang.

Data tersebut berasal dari sepuluh destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bandung Barat dengan rincian 14 September sebanyak 19.202 wisatawan, 15 September ada 30.723 wisatawan, dan tanggal 16 September sebanyak 17.195 wisatawan.

Kepala Bidang Pariwisata Disparbud KBB, David Oot, mengatakan, kawasan wisata di Lembang, Cisarua, dan Parongpong, masih menjadi tujuan utama untuk berwisata ke Kabupaten Bandung Barat.

“Wisatawan yang berlibur di KBB masih didominasi oleh warga Jabodetabek dan sekitarnya. Mereka masih menjadikan objek wisata di kawasan utara menjadi tujuan berlibur,” katanya.

Ia menambahkan, sepuluh kawasan wisata di Kabupaten Bandung Barat masih jadi unggulan dan tempat favorit wisatawan menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga.

“Kesepuluh destinasi wisata itu adalah Floating Market Lembang, Farmhouse, The Great Asia Afrika, Minimania Lembang,” katanya.

“The Lodge Maribaya, Lembang Park & Zoo, Dusun Bambu, Terminal Wisata Grafika Cikole, Orchid Forest Cikole dan Dago Dream Park,” sambungnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, puncak kunjungan wisatawan di moment long weekend Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut terjadi di hari Minggu (15/9/2024). Okupansi hotel pun terdampak positif seiring meningkatnya kunjungan wisatawan.

“Berdasarkan data dari BPC PHRI KBB, selama puncak libur akhir pekan kemarin okupansi selama libur tanggal 14-15 September 2024 mencapai 99,72 %,” katanya.

Ia menyebut, jumlah wisatawan yang datang ke Kabupaten Bandung Barat jika dihitung secara keseluruhan bisa dua kali lipat. Pasalnya, Bandung Barat memiliki 163 destinasi baik buatan maupun alam.

“Jika seluruhnya dihitung maka kunjungan wisatawan ke KBB bisa dua kali lipat dari jumlah yang tercatat sekarang. Itu artinya, bisa lebih dari 120 ribuan wisatawan atau bahkan lebih,” katanya.

Ia menegaskan, dengan banyaknya jumlah wisatawan ke KBB diharapkan dapat mendorong peningkatan perputaran roda ekonomi di masyarakat. Seperti UMKM, souvenir, penginapan, dan sektor-sektor lainnya.

“Semoga ke depan wisatawan ke KBB akan semakin naik lagi seiring dengan inovasi yang dilakukan para pengelola wisata, sehingga imbasnya ekonomi masyarakat KBB juga ikut naik,” pungkasnya. (KRO)



Iklan RB Display B

Berita Terbaru

Iklan RB Display C




Berita Terkait Kabupaten Bandung Barat


Iklan RB Display D