RADARBANDUNG.id – Sebagai penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan senantiasa melaksanakan tugasnya untuk melakukan edukasi dan memberikan pelayanan kepada masyarakat di segala penjuru Indonesia. Seperti yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Soreang dengan menghadirkan Mobile Customer Service (MCS) di Kantor Desa Neglasari, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Kamis (27/10).
Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Soreang, Tini Wartini menjelaskan layanan MCS rutin dilakukan dengan menyambangi desa-desa yang jaraknya jauh dari kantor BPJS Kesehatan terdekat.
“Layanan MCS rutin kami jadwalkan tiga hari setiap minggunya yaitu setiap hari Selasa, Rabu, dan Kamis. Kali ini kami menyambangi Desa Neglasari, Kecamatan Ibun yang lumayan jauh dari Kantor BPJS Kesehatan Cabang Soreang,” kata Tini.
Terletak di lereng Gunung Rakutak, untuk mencapai ke Desa Neglasari, ini membutuhkan waktu perjalanan lebih dari dua jam dari Kantor BPJS Kesehatan Cabang Soreang. dengan rute perjalanan yang berliku, menanjak serta jalan bebatuan.
“Masih banyak masyarakat yang tidak sempat ke kantor kami untuk mengurus keperluan administrasi BPJS Kesehatan. Mungkin karena jaraknya jauh, akses transportasinya sulit, atau tidak ada waktu. Oleh karena itu kami hadir di sini membawa MCS. MCS ini sama seperti layanan kantor cabang namun versi mobile atau berpindah-pindah, jadi apapun kebutuhan masyarakat terkait layanan BPJS Kesehatan dapat diselesaikan lewat MCS,” ujarnya.
Tak hanya informasi dan pengaduan layanan yang disediakan, peserta juga dapat melakukan pendaftaran baru, perubahan data maupun mengurus administrasi lainnya. Salah satu peserta JKN yang telah mencoba kemudahan layanan MCS tersebut ialah Siti Patimah (26). Siti mengaku puas akan pelayanan yang diberikan. Menurutnya, kehadiran layanan MCS tersebut dapat memberikannya banyak informasi terkait Program JKN.
“Saya sengaja datang ke sini karena mendapatkan informasi dari perangkat desa bahwa ada mobil keliling BPJS Kesehatan. Kebetulan saya perlu untuk mengubah data keluarga. Alhamdulillah pelayanannya cepat dan petugasnya juga ramah. Untuk mengetahui informasi terbaru Program JKN, saya juga disarankan untuk mengunduh Aplikasi Mobile JKN, tadi petugasnya menjelaskan tahap-tahapnya hingga berhasil,” ungkap Siti. (*)