RADARBANDUNG.ID, Google baru saja merilis insight dan tren terbaru mengenai kebiasaan konsumen Indonesia selama Ramadan. Berdasar data yang didapat, terjadi kenaikan untuk penelusuran seputar pakaian, perjalanan, makanan, dan kecantikan.
Trafik pencarian tersebut malahan rata-rata naik sampai 40 persen bila dibandingkan dengan hari dan bulan-bulan biasa.
Penelusuran untuk pakaian tercatat mengalami lonjakan pencarian lebih dari 40 persen. Kemudian penelusuran lainnya yakni seputar perjalanan juga demikian, meningkat 40 persen.
Di lain tempat ada pencarian terkait makanan dan kecantikan meningkat hingga lebih dari 30 persen dan 20 persen. Penelusuran untuk doa, ceramah, dan zakat juga naik signifikan selama bulan puasa.
“Ramadan adalah bulan spiritual. Pada bulan ini juga konsumen biasanya menghabiskan lebih banyak waktu di internet dibandingkan bulan-bulan biasa,” ucap Ariani Dwijayanti, insights specialist di Google Indonesia dalam keterangan resminya kepada JawaPos.com.